Menyenangkan! Outing Class SMPIT dan MTs Al-Musthafawiyah

outing_class_smpit_mts_al_musthafawiyah

Pada 8 November 2022 SMPIT dan MTs Al-Musthafawiyah mengadakan Outing Class ke Jakarta. Para santri sangat semangat mengikuti kegiatan tersebut, sehingga tepat pukul 06:30 semua santri sudah berkumpul rapih di depan Masjid Al-Musthafawiyah. Tujuan Outing Class Al-Musthafawiyah mengelilingi Ibu Kota yaitu ke Museum Gajah yang terletak di Jl. Medan Merdeka No.12 Jakarta Pusat dan Kota Tua yang terletak di Jakarta Barat. Ini adalah outing class pertama kali yang harus diadakan  oleh SMPIT dan MTs Al-Musthafawiyah!

Mengapa ke Jakarta? Karena di Ibu Kota dan Pusat Pemerintahan Indonesia ini, banyak tempat yang mengedukasi dan juga terdapat banyak bukti peninggalan sejarah Indonesia. Bahkan saat perjalanan di bus, para santri mengamati seluk beluk kota Jakarta. Mereka melihat Monas (Monumen Nasional), Tugu Tani, gedung-gedung megah pemerintahan, gedung-gedung industri pencakar langit, kehidupan hirup pikuk Jakarta dll. Lantas, bagaimana kegiatan Outing Class Al-Musthafawiyah di Jakarta?

Tempat pertama yang disinggahi yaitu Museum Gajah. Ternyata banyak dari santri Al-Must yang belum pernah mengunjungi museum, dan ini pengalaman pertama mereka. Para santri begitu antusias menjelajahi tiap sudut Museum Gajah! Sambil mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS).

Menurut pemandu wisata, tujuan didirikannya Museum Gajah karena ingin semua orang tahu bahwa banyak sejarah di Indonesia yang perlu kita ketahui. Di Museum Gajah terdapat banyak benda sejarah di antaranya adalah jenis keramik, fosil kepala dari Manusia Kerdil (Flores), replika peninggalan prasejarah, replika manusia purba dll. Dan disitu terdapat banyak wisatawan mancanegara salah satunya yaitu wisatawan dari China yang berbincang dengan santri dan menyatakan bahwa, “Kebudayaan Indonesia sangat kaya dan berbudaya!”.

Setelah pergi ke Museum Gajah, lalu rombongan Al-Musthafawiyah melanjutkan perjalanan ke Kota Tua. Di Kota Tua banyak sekali tempat  menarik yang dapat dikunjungi. Di sana terdapat bukti nyata sejarah Indonesia banyak gedung yang sudah lama ditinggalkan oleh Kolonial Belanda, ada penjara bawah tanah zaman penjajahan, bahkan adapula sepetak rel kereta peninggalan Belanda yang terbuat dari kayu, ada Taman Fatahillah, Cafe Batavia yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara yang sedang berliburan, tempat photo booth dengan beragam tema dan tokoh dan banyak tempat menarik lainnya.

Di Kota Tua para santriwan dan santriwati SMPIT dan MTS Al-Musthafawiyah melakuakan bermacam-macam aktivitas. Ada  yang mengerjakan tugas, berbincang dengan wisatawan mancanegara, mengunjungi tiap museum, bermain sepeda, berfoto di photo booth, berwisata kuliner, berburu oleh-oleh dll. Para santri sangat menikmati Outing Class ini. Apalagi saat mereka menyewa sepeda ontel warna-warni yang dilengkapi aksesoris topi, saat berseliweran menaiki sepeda wajah sumringah mereka sangat terpancar.

Outing Class diadakan untuk pengembangan pengetahuan dan wawasan siswa. Selain itu juga untuk menambah pengalaman siswa”, ujar Bapak Iwan Listiawan, S. Pd Kepala SMPIT Al-Musthafawiyah. Ya benar sekali, bahkan untuk menunjang kelancaran Outing Class atau yang dapat diartikan sebagai kegiatan belajar mengajar di luar kelas atau tidak dilakukan didalam kelas pada umumnya para santri dibekali Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS tersebut berisi tugas pemahaman mata pelajaran IPS, PKN, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang berkenaan dengan segala kegiatan pada kegiatan Outing Class ini. Tentunya Bapak dan Ibu gurunya juga siap siaga membimbing langsung kegiatan Outing Class ini.

Khusus pembelajaran Bahasa Inggris, para santri mendapat tugas untuk berkenalan dan berbincang langsung dengan para wisatawan mancanegara. “Tugas Bahasa Inggris ini, bertujuan untuk melatih peserta didik mengaplikasikan kemampuan berbahasa Inggrisnya secara langsung pada wisatawan mancanegara. Sehingga mereka bisa menghilangkan rasa takut untuk berbahasa atau bisa berani dan mampu berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Hal itu karena, pada dasarnya untuk belajar bahasa dibutuhkan pembiasaan hingga akhirnya menjadi terbiasa dan bisa”, tutur Miss Siti Suryani, S. Pd pengajar Bahasa Inggris.

Itulah kegiatan Outing Class SMPIT dan MTs Al-Musthafawiyah di Jakarta. Ternyata kegiatan ini benar-benar menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman baru para santri. Para santri juga sangat senang, menikmati dan antusias. “Outing Class ini sangat menyenangkan! Bisa mendapatkan banyak ilmu!”, ucap William Halim siswa kelas VII-B SMPIT Al-Musthafawiyah. Sampai jumpa pada outing class tahun depan!

Penulis:

  • Muhamad Gatfhan (Kelas VII-B SMPIT Al-Musthafawiyah)
  • Muhammad Nagib (Kelas VII-B SMPIT Al-Musthafawiyah)
  • Satrio Akbar Musafak (Kelas VII-B SMPIT Al-Musthafawiyah)
  • Zahran Zidan Irawan (Kelas VII-B SMPIT Al-Musthafawiyah)

Penyunting:

Afifa Salsabila, S. Pd.