Jambore Santri Nusantara RMI-NU Kabupaten Bogor di Ponpes Al-Musthafawiyah

JSN Ponpes Al Musthafawiyah

Jum’at, 21 Oktober 2022 (10:30), Momentum Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Kabupaten Bogor tahun 2022, akan dilaksanakan Jambore Santri Nusantara (JSN), kegiatan jambore ini merupakan kelanjutan fase jilid IV setelah sebelumnya dilaksanakan dipondok pesantren lain. Rangkaian acara JSN tersebut dirancang dan dipelopori oleh Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU) Kabupaten Bogor yang diketuai oleh KH. Abdul Mahfuf. Dan untuk kegiatan JSN jilid-IV tahun 2022 diselenggarakan pada tanggal mulai 19 – 22 Oktober 2022, dan titik puncak sekaligus upacara peringatan Hari Santri Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2022.

JSN Ponpes Al-Musthafawiyah

Alasan dipilihnya Jambore Santri Nusantara (JSN) jilid IV tahun 2022 bertempat di Pondok Pesantren Terpadu Al-Musthafawiyah (Islamic Boarding School), atau biasa disebut Ponpes Al-Mus, karena lokasinya strategis, nyaman, luas dan juga karena tersedia banyak air yang menjadi kebutuhan peserta.
Selain faktor lokasi, SDM Pondok Pesantren Terpadu Al-Musthafawiyah lingkungannya sangat mendukung untuk keberlangsungan acara. Selain itu acara JSN di Al-Musthafawiyah pun sudah mengantongi restu dan dukungan dari Pengasuh Ponpes Al-Musthafawiyah yaitu Buya KH. Musthafa Husein Harahap dan Direktur Ma’had Al-Musthafawiyah, KH. A Syamsul Bahri N.

JSN RMI-NU Ponpes Al-Musthafawiyah Megamendung

Adapun tujuan diselenggarakan JSN sebagaimana disampaikan oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Bogor, KH. Drs. Lesmana, M.Pd, salah satunya untuk menjalin komunikasi, silaturahmi dan ukhwah Islamiyah khususnya antar sesama Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Bogor, dan umumnya seluruh Pesantren yang ada di Nusantara, karena ternyata peserta yang hadir di Al-Musthafawiyah ini ada juga dari luar Bogor, seperti Cirebon, Kota Depok dan lainnya, disamping itu kegiatan JSN ini sekaligus menguji kemampuan santri-santri dari beragam ponpes tersebut.

JSN RMI-NU Ponpes Al-Musthafawiyah Bogor

Ada 22 Pondok Pesantren yang akan berkompetisi baik dalam sisi kognitif, apektif dan adu skill (psikomotorik) dalam acara JSN tersebut. Adapun lomba-lomba yang diujikan diantaranya MTQ, MHQ, Musabaqoh Qiroatul kulub, Musabaqoh Syahril Qur’an, Pidato Dwibahasa, Lomba Yel-yel Santri NU, Lintas alam NU, Orasi kebangsaan, Kaligrafi, Video Creator, Perkusi Nadzoman, Dekorasi Tenda, dan Stand-up Comedy. Dari seluruh perlombaan tersebut akan memperebutkan piala bergilir JSN,disamping hadiah menarik lainnya termasuk uang pembinaan serta hadiah yang berupa beasiswa.

JSN RMI-NU Ponpes Al Musthafawiyah

Kegiatan JSN tahun ini banyak dukungan sponsor, seperti dari Rumah Zakat, Dompet Dhuafa (DD), PDAM Kab. Bogor, BAZNAS Kab. Bogor, CV. Al-Musthafawiyah, Ponpes al-Musthafawiyah. Selain itu dukunganpun datang dari Kantor Kementrian Agama, Pemda Kabupaten Bogor, Dinas PUPR, Banser-NU dan NU Kabupaten Bogor.

JSN RMI-NU Ponpes Al-Musthafawiyah

Salah satu kendala saat melaksanakan JSN yaitu cuaca “Cuaca adalah salah satu kendala yang menyebabkan tenda peserta terendam basah sehingga sebagian peserta diharuskan tidur di saung Ponpes Al-Musthafawiyah (tempat penjengukan santri).” Ucap Ustadz Rohmat Mubarok, M.Pd, selaku ketua pelaksana. Maka dari itu ketua panitia pelaksana selalu mengarahkan panitia agar JSN terlaksana dengan baik, “Koordinasi, komunikasi adalah salah satu cara saya untuk mengarahkan panitia dan saya mengarahkan persiapan dan evaluasi yang sangat matang”. Papar Kabag Umum dan Personalia Al-Musthafawiyah tersebut.

Dengan adanya JSN para peserta merasa senang, hal ini diucapkan oleh salah satu peserta JSN yaitu Muhammad Ridwan Karim dari Ponpes Kreatif Suka Makmur. “Senang….! dapat silaturahmi dengan pesantren lain.”

Laporan oleh:

  • Nada Savaira Rizqin Fuadi (Kelas VII-A SMPIT Al-Musthafawiyah)
  • Nuna Fakhira Sakinatulma’wa (Kelas VII-A SMPIT Al-Musthafawiyah)
  • Adisty Raudhatul Aisy (Kelas VII-A SMPIT Al-Musthafawiyah)
  • Nasywa Arnesta Salsabila (Kelas VII-A SMPIT Al-Musthafawiyah)

Penyunting
Afifa Salsabila, S.Pd

Editor
Dr. Drs. Asep Kusnadi, M.Pd